Follow Me @nisadinandya

Produktif di Masa Pandemi

It's okay to be not okay.

As a final year college student, I've seen many of my collegues are trying to do their best in order to achieve their dream, their job, their career path, their business, and many more.

But after Corona Pandemic comes, it's all going to be different.

Saya terinspirasi menulis mengenai hal ini setelah melihat tweet berikut:


I think the most important thing for now is keeping our body to stay healthy by staying home.

Mungkin banyak dari kita yang sudah berencana melakukan A hingga Z yang akan dilakukan pada tahun 2020 ini namun terhalang oleh adanya Pandemi Corona. Sekolah dan kuliah diliburkan sejak Maret. Acara-acara yang mengundang keramaian dibatalkan, seperti wisuda, perpisahan, konser, pernikahan, dll.

Ada banyak rencana yang harus diubah. Kita harus bisa berdaptasi dengan situasi yang sedang terjadi. Salah satu contohnya, saya yang harus mengubah judul skripsi dengan topik tourism saya setelah membuat BAB I s.d. BAB III. Siapa yang akan mendatangi tempat liburan pada masa pandemi seperti ini? Keluar masuk suatu daerah saja dibutuhkan SIKM (Surat Izin Keluar Masuk) dan berbagai identitas lainnya. Tidak ada lagi liburan untuk sekadar update instastory atau foto di feeds Instagram.

Produktif, ialah mengambil langkah yang jelas untuk mencapai tujuan kita. Melakukan hal-hal yang berguna dan bermanfaat demi masa depan kita. Di masa pandemi seperti ini,  menurut saya lebih baik jika menjaga kesehatan tubuh lebih diutamakan daripada meningkatkan produktivitas.

Sebaiknya tidak usah datang ke seminar atau conference dulu, tidak datang ke konser atau pameran, dan lain sebagainya. Kampus saja pada diliburkan hingga akhir 2020, bukan?

Untungnya, generasi Saya merupakan generasi milenial. Generasi yang katanya, paling mudah beradaptasi dan mudah dalam menerima perubahan. Sekarang semuanya serba online. Penggunaan gawai selama berjam-jam yang yang dulu dianggap sebagai sesuatu yang berlebihan, kini tidak lagi.

Gawai menjadi perangkat penting untuk melakukan segala aktivitas kita. E-mail, social media, grup di aplikasi instant message, Google Classroom, dan lain sebagainya. Baru kali ini Saya sesering itu menatap gawai karena semua kegiatan dilakukan dan disebarluaskan secara online, khususnya info-info kampus.

Oleh karena itu, tidak apa-apa jika saat ini kita ubah kecepatan langkah kita untuk menggapai apa yang telah kita rencanakan, selama masih melangkah ke arah yang sama, kita sudah benar. :)

Semangat untuk kita semua!